My Skincare Routine

9:17 PM


Akhirnya menyempatkan diri kembali menulis di blog di sela kesibukan yang semakin tidak karuan. Ya, akhir-akhir sering banget traveling Duri-Rumbai untuk urusan kerjaan. Waktu berjalan terasa sangat cepat tetapi tidak menjadi alasan untuk melewatkan waktu bermain bersama Shalom sehabis pulang kantor. Bagiku, tumbuh kembang Shalom tetap menjadi priority ditengah kesibukan yang super padat.

Di sela runtinitas harian yang akhir-akhir ini padat merayap, tidak lupa aku selalu meluangkan waktu untuk merawat kulit wajah. Lately, memang lagi obsess banget sama skincare routine ala Korea. Semua diawali ketika trip Korea tahun 2017 kemarin, dimana aku melihat kulit wajah cewe-cewe Korea yang super halus dan mulus, so aku jadi ketularan pengen punya kulit wajah yang mulus dan sehat tetapi sifatnya bukan instant dan lebih memilih perawatan wajah dari bahan alami/natural .

Now the question is, kenapa sih pilih skincare Korea? Personally, aku udah coba pake skincare brand Europe and USA tetapi hasilnya ga se-oke pakai produk Korea. Setelah aku pelajari karena bahan skincare Korea memang dirancang untuk kulit orang Asia, jadi most likely akan cocok dengan kita.

So, without further ado, let me share my skincare routine for A.M and P.M

My skincare products for A.M and P.M

A.M Skincare :
Cleansing – Toning – Pre-Essence- Essence- Serum – Sun Cream

1. Cleansing

Tahap ini adalah tahap awal yang harus banget dilakukan di setiap rutin skincare. Tujuannya adalah untuk membersihkan kulit wajah agar terangkat dengan sempurna.
Produk andalan aku untuk membersihkan wajah adalah Senka Perfect Whip yang sudah kurang lebih 1 tahun terakhir aku pakai. Facial foam ini adalah salah satu holy grail skincare ku yang sudah re-purchase berkali-kali. Kenapa aku suka banget, karena facial foam ini punya busa yang banyak banget dan bisa mengangkat semua kotoran dan make up yang menempel di wajahku tanpa meninggalkan rasa kering. Hal ini disebabkan karena kandungan Double Hyaluronic Acid yang mampu menjaga kelembapan kulit kita. Bagi yang belum pernah coba, pastikan kalian harus segera beli dan pasti tidak akan kecewa dengan hasilnya.  Dulu cari facial foam ini sulit banget karena harus beli langsung saat traveling ke Jepang or Korea, tapi sekarang ga perlu khawatir karena sudah banyak dijual di banyak online shop atau e-commerce Indonesia. Harganya sekitar 80,000 an. Worth to buy pokoknya 😊

 
Senka Perfect Whip

2. Toning

Setelah wajah bersih, kemudian dilanjutkan dengan pemakaian toner.  Untuk pagi hari, biasanya aku pakai hydrating toner saja (skip exfoliating toner). Step ini penting juga buatku karena toner bisa membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit setelah mencuci wajah. Selain itu toner bisa membantu untuk memberikan kelembapan pada kulit dan juga mempersiapkan kulit wajah kita untuk lebih maksimal dalam menyerap skincare yang akan kita pakai selanjutnya.

Toner favorit yang aku pakai saat ini adalah The Face Shop Rice and Ceramide Toner. Awalnya agak pesimis sama toner ini karena hanya sekedar coba membeli saja ketika trip ke Korea tahun 2017 kemarin. Tetapi ternyata toner ini kok juara banget yah bagi aku. Di petunjuknya bilang kalau pemakaian tonernya dibantu dengan kapas dan di usap ke wajah. Tetapi karena tekstur toner ini agak kental dan lebih banyak yang terserap di kapas, akhirnya aku coba ganti cara pemakaiannya dengan memakai langsung di telapak tangan kemudian melakukan gerakan menepuk pelan-pelan dengan tangan, sambil menghirup aroma toner ini. Rasanya peaceful banget dan hasilnya membuat kulitku semakin lembab dan kenyal. Harga toner ini sekitar 100,000 an. Worth to try kalau mau mencari toner dengan harga affordable.


The Face Shop Rice and Ceramic Toner

3. Pre-Essence

Banyak yang tanya, pre-essence itu buat apa sih? Emang penting yah? Jika kamu penganut skincare regime ala Korea, ternyata step ini penting banget lho. Gunanya ga lain adalah untuk mempersiapkan kulit sebelum penggunaan essence dan produk skincare selanjutnya sehingga dapat terserap dengan lebih baik.

Pre-Essence favoritku adalah Missha Time Revolution The First Treatment Essence. OMG, aku cinta banget sama produk ini…Lagi-lagi belinya saat traveling ke Korea. Waktu itu iseng-iseng masuk ke counter Missha dan kebetulan ketemu petugas yang ramah banget dan saat itu aku dijelaskan manfaat dari produk ini dan bagaimana kualitas Missha FTE ini hampir sama dengan SK-2 FTE tapi harganya lebih affordable (sekitar 50% lebih murah dari harga SK-2 FTE). Gimana ga penasaran pengen coba, apalagi claim produknya bilang membuat kulit wajah lebih calm, lebih menghidrasi, lebih cerah dan mengurangi tanda penuaan di kulit.

Setelah aku coba pertama kali, langsung jatuh cinta sama produck ini dan selalu jadi andalan produk skincare rutinku. Baunya benar-benar menenangkan, teksturnya juga light (cenderung watery) dan efeknya itu yang luar biasa membuat glowing and healthy skin. Yang aku rasakan dengan pemakaian product ini membuat pori-pori kulit wajahku mengecil dan juga membantu menghilangkan acne spots dengan pemakaian yang rutin. Setelah aku baca ternyata ingredients dari Misha FTE ini mengandung Niacinamide 2% yang secara keseluruhan membantu brightens my skin’s appearance.

Pre-essence ini harganya sekitar 500,000 kalau beli langsung di Korea langsung dan beberapa Olshop di Indonesia menjualnya sekitar harga 700,000’an. Ga papa yah mahal sedikit, tapi dengan size 150 ml dan bisa bertahan selama 6-9 bulan pemakaian, maka produk ini sangat worth untuk dibeli.

 
Missha Time Revolution The First Treatment Essence

4. Essence

Setelah pemakaian pre-essence, aku lanjutkan dengan memakai essence favoritku all the time (pernah aku bahas di topik skincare saat hamil). Sampai saat ini aku masih tetap memakai essence ini dan entah sudah botol ke berapa yah aku beli, saking aku suka banget. Ga lain dan ga bukan adalah Laneige Water Bank Essence-EX. Produk itu dasarnya adalah water based sehingga efek terbesar dengan memakai produk ini adalah kulit wajah menjadi lebih lembab dan halus. Dengan pemakaian rutin, efek kenyal akan terasa dan kulit wajah semakin cerah (tidak kusam). Produk ini cocok untuk segala jenis kulit baik kulit kering, kombinasi atau juga berminyak. Dan satu yang pasti, essence ini terbuat dari bahan non-paraben sehingga aman dipakai untuk ibu hamil atau menyusui.

Harganya sekitar 500 ribu, bisa dibeli di banyak Online Shop atau counter Laneige di Mall-Mall besar di Indonesia. Yang pasti, sekali beli pasti akan re-purchase lagi.

Laneige Water Bank Essence-EX

5. Serum

Setelah essence selesai diaplikasikan, lanjut ke step yang tidak kalah penting yaitu pemakaian serum. Serum yang aku pakai saat ini ada 2 brands, yaitu Innisfree dan Aurelia.
Biasanya Innisfree akan aku gunakan untuk morning skincare dan Aurelia dipakai untuk night skincare.

Untuk pagi hari, Innisfree The Green Tea Seed Serum yang jadi andalanku. Wangi green tea nya sangat menenangkan dan sangat membantu untuk memberikan strong moisture ke kulit wajah sehingga seharian kulit kita akan lembab. Dengan serum ini, aku bisa skip pemakaian moisturizer karena dapat digantikan dengan serum Innisfree ini.  Yang aku suka lagi adalah serumnya cepat menyerap di kulit dan tidak lengket sehingga tidak mempengaruhi tekstur kulit saat lanjut ke step berikutnya (pemakaian sun cream dan bedak).

Harganya sekitar 250,000 an dan juga bisa dibeli di Online Shop atau counter Innisfree di Mall-Mall besar di Indonesia.

Innisfree The Green Tea Seed Serum

6. Sun Cream

Step terakhir dan yang tidak kalah penting adalah memakai sun cream. Pilihan sun screen yang aku pakai adalah dari Biore UV Aqua Rich Watery SPF 50+/PA+++. Kenapa aku suka produk ini? Pertama karena teksturnya light banget, cepat menyerap di kulit dan non- sticky. Yang tidak kalah penting, walaupun tipe kulit wajahku berminyak, produk ini tetap cocok dan tidak menambah oily wajahku.

Harganya cukup affordable, sekitaran 90,000-130,000 dan bisa di beli di Watson, Guardian dan Online Shop juga.


Biore UV Aqua Rich Watery SPF 50+/PA+++


P.M Skincare :
Cleansing – Toning – Pre-Essence- Essence- Serum – Moisturizer – Eye Cream – Lip Cream

1. Cleansing

Selalu rangkaian skincare dimulai dengan tahap cleansing. Untuk skincare rutin di malam hari, biasanya aku modifikasi sesuai dengan kebutuhan kulitku. Kalau kebetulan pagi nya aku pakai make up (foundation or BB cushion), biasanya aku akan membersihkan wajahku dengan cleansing oil dari BIORE Cleansing Oil. Yang aku suka dari cleansing oil ini adalah kemampuannya untuk me-remove semua heavy make up yang ada di wajahku.

BIORE Cleansing Oil

Selanjutnya aku mencuci muka dengan facial foam favoritku yaitu Senka Perfect Whip dan tidak lupa menggunakan handuk bersih untuk mengeringkan wajah.  Oh ya, setiap 2 hari sekali aku menambahkan step masker menggunakan masker favoritku saat ini dari Freeman Apple Cider Vinegar Clay MaskPenggunaannya bisa sebagai clay mask (diaplikasikan di wajah dan di diamkan selama 5 menit) dan bisa juga sebagai scrub yang berfungsi sebagai pembersih muka (cleanser) untuk membuat muka lebih cerah dan menghilangkan jerawat ataupun bekas jerawat.

Freeman Apple Cider Vinegar Clay Mask

2. Toning

Selesai dengan tahap cleansing, dilanjutkan dengan pemakaian toner. Untuk malam hari, biasanya aku menambah step exfoliating toner setiap 2 hari sekali karena penggunaan make up ku sehari-hari minim banget. Pilihan favoritku jatuh kepada Benton Aloe BHA Skin Toner.  Untuk newbie yang pertama kali ingin mencoba memakai exfoliating toner, produk ini recommended untuk dicoba. BHA (Beta Hydroxy Acid) yang terdapat dalam produk ini bertujuan untuk membantu mengangkat sel kulit mati, jerawat ataupun komedo.


Benton Aloe BHA Skin Toner
 Selesai dengan exfoliating toner, jangan lupa melanjutkan step hydrating toner untuk menghidrasi kulit agar tetap lembab. Di step ini aku pakai toner kesukaanku dari The Face Shop Rice and Ceramide Toner.

3. Pre-Essence & Essence

Untuk tahapan ini, produk yang aku pakai sama dengan morning skincare routine. Missha Time Revolution The First Treatment Essence sebagai pre-essence dan Laneige Water Bank Essence-EX sebagai essence.

4. Serum

Untuk rangkaian night skincare routine, serum yang aku pakai saat ini adalah Aurelia Probiotic Skincare Revitalize & Glow Serum. Serum ini sudah aku pakai 6 bulan terakhir dan ga tau lagi gimana aku suka banget sama serum ini. Sesuai dengan namanya revitalize & glow serum, hasil pemakaian rutin memang membantu revitalisasi kulit wajah menjadi lebih kenyal dan glowing. Pokoknya, cinta banget sama produk ini. Kekurangannya cuma 1, harganya cukup mahal dan juga sulit di dapat di Indonesia, sehingga harus beli di Online Shop dan jatuhnya harga serum ini menjadi lebih mahal.

Aurelia Probiotic Skincare Revitalize & Glow Serum

5. Moisturizer

Yang tidak kalah penting adalah memastikan wajah diaplikasikan moisturizer. Dan semua pasti setuju kalau Nature Republic Soothing and Moisture Aloe Vera 92% sangat cocok untuk jadi produk favorit abad ini. Teksturnya  tidak terlalu thick, sensasi dingin saat diaplikasikan di wajah, dan kemampuannya untuk menghidrasi kulit memang juara banget. Selain untuk wajah, produk ini juga bisa dipakai di seluruh tubuh, bahkan untuk memperbaiki kondisi rambut agar lebih sehat.
Harganya sekitar 100,000’an di Online Shop dan bila beli langsung di Korea hanya sekitar 50,000 saja. Worth to buy dengan ukuran produk yang cukup besar dan result yang di dapat dengan penggunaan rutin.


Nature Republic Soothing and Moisture Aloe Vera 92%

6. Eye Cream

Setelah semua rangkaian skincare untuk wajah selesai di aplikasikan, jangan lupa untuk merawat kesehatan mata dengan eye cream/eye essence.

3 bulan terakhir ini lagi nyobain Bio Essence 24K Bio-Gold Platinum Dual Eye Essence. Tertarik untuk nyobain brand ini karena beberapa review yang saya baca mengatakan bahwa produk ini bisa membantu untuk memelihara elastisitas kulit pada kelopak mata dan menyamarkan tanda penuaan pada area mata.
Memang sih aku ga punya masalah dengan dark circle / mata panda, tapi sejak memasuki usia 30 tahun aku udah mulai memilih produk yang bisa membantu menyamarkan garis halus dan kerutan. Dan sejauh ini, aku ga ada masalah dengan produk ini. 

Cara pemakaiannya juga unik , ada 2 step :
•Step 1 : Bio-Platinum Eye Essence – Mata Bagian Atas
Aplikasikan krim secara merata pada mata bagian atas menggunakan jari manis dan pijat secara lembut hingga krim terserap sempurna
Step 2 : 24K Bio-Gold Eye Essence – Mata Bagian Bawah
Aplikasikan krim secara merata pada mata bagian bawah menggunakan jari manis dan pijat secara lembut dengan gerakan ke luar dan ke atas hingga krim terserap sempurna.

Bio Essence 24K Bio-Gold Platinum Dual Eye Essence

7. Lip Cream

Selain area mata, perawatan bibir juga penting banget. Ini step terakhir di rangkaian night skincare ku. Sekarang lagi pakai Nuxe Lipbalm.  Aku suka banget ama lip balm ini (selain dari Laneige Lip Mask yang jadi best friend selama ini). Selain untuk membuat bibirku tetap lembab, ada butiran scrub yang membantu eksfoliasi sel kulit mati dan membuat warna bibir menjadi lebih cerah. Dan yang paling aku suka adalah wanginya yang enak banget (aroma jeruk) dan terbuat dari bahan alami dan tanpa paraben.  Bagi kamu yang punya masalah dengan bibir kering dan pecah-pecah, produk ini dapat menjadi one of solution to make your lip healthier.

Nuxe Lipbalm

Semoga ritual skincare pagi dan malam yang aku share di tulisan kali ini bisa menjadi referensi para wanita yang ingin punya kulit sehat dengan cara alami. Tetapi harap di ingat yah, belum tentu semua produk yang cocok di kulitku akan memberi efek yang sama di kulit kalian. Penting untuk membaca ingredients dari setiap produk dan kemudian konsultasi atau membaca referensi produk tersebut sebelum memutuskan untuk membeli.

Kulit wajah yang sehat adalah investasi penting di masa tua nanti. So, mari merawat kesehatan kulit wajah sejak dini. Terimakasih untuk semua yang sudah mampir di tulisan saya kali ini. Salam glowing 😊




You Might Also Like

2 comments